Thursday, September 27, 2012

Wajik Ketan Gula Jawa


Beberapa kali membuat wajik, tapi selalu rasanya kurang pas. Saya biasanya mengambil resep dari mbak Google yang menggunakan cara dikukus. Memang sih caranya lebih mudah. Akan tetapi hasilnya menurut saya kurang legit. Aroma kelapanya tidak tercium, gurihnya kurang nendhang, belum lagi wajiknya jadi sangat lembek.
Sempat mikir, apakah saya yang tidak bisa membuat wajik atau bagaimana? Tapi masa sih? Hehehe. Akhirnya saya  minta resep pada ibuku. Biasanya aku berhasil kalau pakai resep beliau. Alhamdulillah, jadilah kue wajik yang pas banget. Manis, legit, pas deh pokoknya.
Berikut ini adalah resepnya,
Bahan:
5 cup beras ketan ( rendam 2 jam, lalu tiriskan)
3 kaleng santan instant ( 1200 ml )
1 bungkus gula jawa yang ukuran besar ( lupa beratnya berapa )
2 lembar daun pandan
2 lembar daun jeruk
1/2 sdt cinnamon bubuk
1/2 sdt garam
Cara:
1. Kukus ketan yang sudah direndam tadi kurang lebih 20 menit. Matikan api.
2. Masukkan santan, gula, pandan, daun jeruk, garam, cinnamon. Rebus sampai santan kental
dan ada sedikit minyaknya. Pada tahap ini aroma kelapanya akan keluar.
3. Masukkan ketan, masak dan aduk2 terus sampai santan terserap habis.
4. Matikan api, taruh wajik di loyang, padatkan, biarkan dingin. Setelah itu potong seesuai selera.
Mudah bukan? Selamat mencoba dan good luck!
Wassalamu'alaikum wr wb
-Nurul wajik ketan gula jawa

No comments:

Post a Comment